REFILL

ISI ULANG ALAT PEMADAM API

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan isi ulang atau refill APAR? Apakah menunggu sampai habis baru isi ulang? Setiap APAR yang telah terpakai harus dicek dan dikondisikan siap pakai lagi, jadi tidak serta merta langsung bisa dipakai kembali. Diperlukan petugas khusus untuk proses pengecekan, dan jika Anda tidak ahli dalam hal ini, Anda bisa menyerahkan hal ini kepada yang lebih berkompeten misalkan ke pusat refill APAR terdekat atau terbaik di kota Anda. Biasanya pusat refill APAR hadir di kota-kota dengan wilayah industri yang cukup besar, untuk memenuhi kebutuhan anda dan memperluas jangkauan layanan kami, CV Dian Andala Proteksindo memiliki 2 lokasi yaitu Jakarta (ciracas) dan Jawa Tengah (Tegal).

Dikutip dari situs Impact Fire Service, APAR harus langsung di isi ulang segera setelah segelnya dibuka. Meskipun masih ada sisa dari isi di dalam tabung pemadam, namun Anda harus langsung membawa alat tersebut ke tempat isi ulang APAR terdekat di kota masing-masing. Sebab ketika segel dibuka, besar kemungkinan akan ada bocoran gas yang terus keluar dari silinder maupun dari selang APAR. Lama kelamaan, gas di dalam fire extinguisher akan semakin habis dan tidak bisa digunakan saat dibutuhkan..

Bahkan banyak profesional yang berpendapat bahwa refill APAR harus tetap dilakukan minimal 1 atau 2 tahun sekali meskipun alat tersebut tidak digunakan. Nah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah alat pemadam kebakaran di rumah Anda masih layak pakai atau tidak adalah dengan menguji kelayakannya dengan alat profesional yang dimiliki perusahaan penyedia jasa refill APAR.

PROSES ISI ULANG

1

PEMBERSIHAN

Tabung APAR dikondisikan dalam keadaaan kosong dan bersih. Yakni dengan cara menekan tuas di tabung APAR dan material APAR akan keluar dengan sendirinya. Setelah isi habis, semua komponen tabung dilepaskan, seperti Valve, Selang, Brecket, dll.

2

PENGISIAN MATERIAL

Pastikan keadaan tabung sudah dalam keadaan bersih, baru pengisian material dilakukan. Selanjutnya pemeriksaan semua komponen tabung APAR, mulai dari segel, selang handgrip, bahkan cat tabungnya. Ini bertujuan untuk memastikan tabung APAR sesuai standar untuk bisa dipakai kembali.

3

DITIMBANG DAN TES KEBOCORAN

Setelah tabung diisi ulang, dan diperiksa seluruh komponennya, tabung akan segera ditimbang. Penimbangan ini untuk memastikan material dalam tabung sudah terisi penuh sesuai dengan kapasitas pada tabung APAR. Pada tahap tes kebocoran ini sebenarnya sederhana namun tidak boleh dianggap remeh. Proses tes dinamakan hydrotest yang membutuhkan peralatan khusus yakni hydrotester. Untuk melihat tekanan pada tabung APAR

4

PEMASANGAN SEGEL DAN LABEL EXPIRED

Segel ini bentuknya mirip seperti kabel tis namun ada perbedaan khusus. Fungsinya untuk mengunci pin dengan tuas APAR. Selain segel, selanjutnya adalah memasang label expired yang menjelaskan identitas pemilik, jenis, ukuran dan tanggal pengisian juga tanggal kadaluarsa untuk mengetahui kapan harus diisi ulang kembali.

TESTIMONI

Mr. Tian
J.O.Sinohydro-PP

“Good service and product quality, fast delivery, competitive prices."

Tulus
PT Rebel GoFood Indonesia

“Pelatihan pemadam kebakaran dasar sangat seru, pelatihannya serius tapi kocak. Dapat ilmu baru, baik teori ataupun praktek, lumayan membantu kalo ada kejadian disekitaran kita.”

Ryanda Noza
K3L FIA Universitas Indonesia

“Pelayanan pengisian ulang APAR yang cepat di prosesnya, dan dilakukan pengecekan pada tabung, selang, nozzle dan pressure pada setiap pengisian ulang tabungnya."

Jessica Kim
IBIS Hotel - Jakarta

“Layanan baik. ada pengantaran dan penjemputan APAR sampai di tempat, memberikan tutorial dan edukasi tentang cara pemakaian dan pemeliharaan APAR. Semoga sukses.”

CONTACT US

If you're interested in hearing more about the way we work, have a business proposal, or are interested in making a purchase, we'd love to hear from you.